4.30.2012

PROGRAM LATIHAN SENSOMOTORIK JENJANG TAMAN KANAK-KANAK LUAR BIASA

Nama   : ERIC SUWARDANI
NIM    : 08103244029
Prodi   : PLB B
MK      : SENSOMOTORIK


PROGRAM LATIHAN SENSOMOTORIK
JENJANG TAMAN KANAK-KANAK LUAR BIASA

KEADAAN ANAK
Anak pada jenjang ini berusia sekitar 3 sampai 6 tahun dengan usia mental berkisar 2 sampai 4 tahun (ATG ringan). Keadaan fisiknya terutama dalam hal koordinasi motorik belum matang, demikian pula dengan kemampuan persepsinya. Dalam hal sosialisasi maupun emosi anak ini masih mengalami keterbatasan misalnya masih belum bisa lepas dengan situasi rumah atau dari bantuan orang dewasa.
TUJUAN
            Berdasar kondisi anak tersebut diatas maka tujuan dari program latihan sensomotorik ini bertujuan:
1.      Untuk melatih koordinasi gerak baik itu motorik kasar maupun halus.
2.      Untuk melatih kemampuan persepsi.
3.      Untuk mengembangkan kemampuan bicara.
4.      Untuk mengenal perbedaan situasi rumah dan sekolah.
5.      Untuk melatih gerakan dasar yang sederhana.
MATERI LATIHAN
a.       Sensori Motor
Pengembangan otot-otot, fungsi mata, telinga, dan pengertian.
FREKUENSI LATIHAN
Untuk frekuensi masing-masing latihan minimal seminggu 3 kali. Karena semakin sering anak dilatihkan semakin baik perkembangan motorik dan sensorisnya.


BENTUK LATIHAN
a.       Menendang bola
Bahan: tiap anak mendapat satu bola dan balok-balok.
Penyajiannya:
-          Setiap anak diberi bola dan ditempatkan di depannya.
-          Anak disuruh untuk menendang bola itu. Bila anak belum dapat menendangnya maka guru membimbingnya dengan jalan menyentuh bola dahulu, kemudian bola itu dicoba untuk menendangnya.
-          Bola ditempatkan mula-mula dengan jarak 1 meter. 2 meter dan akhirnya makin jauh.
-          Anak disuruh untuk menendang bola agar mengenai balok yang ditempatkan di depannya.
b.      Berjalan pada tali
Bahan: seutas tali baik itu dari plastik, karet maupun ijuk.
Penyajiannya:
-          Anak berdiri dengan baik. Di depannya ada seutas tali.
-          Anak disuruh jalan di atas tali. Jadi anak harus menginjak tali.
-          Jika anak telah mampu melakukan itu maka tali dapat dibengkokkan letaknya.
c.       Mendorong bola
Bahan: bola karet atau plastik, tongkat dari kayu atau rotan yang panjangnya kira-kira 1 meter.
Penyajiannya:
-          Anak diberi bola dan disimpan di depannya.
-          Anak memegang tongkat dan mendorong bola itu.
-          Anak mendorong bola ke semua arah jagalah jangan sampai ada bentrokan (dibuat jalur-jalur)
-          Bila ia sudah dapat mendorongnya maka diberi jarak 1 meter, 2 meter, dan seterusnya.
-          Jika anak dapat melakukannya hal itu maka diberi tanda misalnya dipasang bendera.
d.      Melempar bola
Bahan: tiap anak mendapat satu bola, balok
Penyajiannya:
-          Anak disuruh memegang bola dan memperhatikan balok yang ada didepannya.
-          Anak disuruh melempar saja.
-          Bila ia telah dapat melempar maka bola dilempar ke arah balok yang telah disediakan.
-          Bila anak belum dapat melakukannya maka anak dapat dilatih membawa bola ke arah balok itu.

e.       Memasukkan balok-balok ke kotak
Bahan: balok-balok dengan bermacam bentuk atau warna, kotak
Penyajiannya:
-          Anak memegang balok-balok itu dan memasukkannya ke dalam kotak.
-          Balok-balok yang ada di depannya dimasukkannya ke dalam kotak sampai habis.
-          Bila anak telah dapat melakukannya maka balok-balok itu harus disusun secara teratur dalam kotak.
f.       Membuat menara dari balok-balok
Bahan: papan bundar dilubangi, dan bentuk bundar yang dipasang tiang.
Penyajiannya:
-          Anak memegang balok bentuk bulat yang telah dilubangi.
-          Anak memasukkan bentuk itu pada tiang yang telah disediakan.
-          Bila anak telah dapat melakukan itu maka latihan ditingkatkan dengan memberi warna-warni pada balok itu sehingga saat memasukkannya dapat kita minta ia memasukkan warna tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar