Nama : ERIC SUWARDANI
NIM : 08103244029
Prodi : PLB B
MK : SENSOMOTORIK
PROGRAM LATIHAN SENSOMOTORIK
JENJANG TAMAN KANAK-KANAK LUAR BIASA
KEADAAN ANAK
Anak pada jenjang ini berusia sekitar 3 sampai 6 tahun
dengan usia mental berkisar 2 sampai 4 tahun (ATG ringan). Keadaan fisiknya
terutama dalam hal koordinasi motorik belum matang, demikian pula dengan kemampuan
persepsinya. Dalam hal sosialisasi maupun emosi anak ini masih mengalami
keterbatasan misalnya masih belum bisa lepas dengan situasi rumah atau dari
bantuan orang dewasa.
TUJUAN
Berdasar kondisi anak tersebut
diatas maka tujuan dari program latihan sensomotorik ini bertujuan:
1.
Untuk melatih
koordinasi gerak baik itu motorik kasar maupun halus.
2.
Untuk melatih
kemampuan persepsi.
3.
Untuk mengembangkan
kemampuan bicara.
4.
Untuk mengenal
perbedaan situasi rumah dan sekolah.
5.
Untuk melatih gerakan
dasar yang sederhana.
MATERI
LATIHAN
a.
Sensori Motor
Pengembangan otot-otot, fungsi mata, telinga, dan
pengertian.
FREKUENSI
LATIHAN
Untuk frekuensi masing-masing latihan minimal seminggu 3
kali. Karena semakin sering anak dilatihkan semakin baik perkembangan motorik
dan sensorisnya.
BENTUK
LATIHAN
a.
Menendang bola
Bahan: tiap anak mendapat satu bola dan balok-balok.
Penyajiannya:
-
Setiap anak diberi
bola dan ditempatkan di depannya.
-
Anak disuruh untuk
menendang bola itu. Bila anak belum dapat menendangnya maka guru membimbingnya
dengan jalan menyentuh bola dahulu, kemudian bola itu dicoba untuk
menendangnya.
-
Bola ditempatkan
mula-mula dengan jarak 1 meter. 2 meter dan akhirnya makin jauh.
-
Anak disuruh untuk
menendang bola agar mengenai balok yang ditempatkan di depannya.
b.
Berjalan pada tali
Bahan: seutas tali baik itu dari plastik, karet maupun
ijuk.
Penyajiannya:
-
Anak berdiri dengan
baik. Di depannya ada seutas tali.
-
Anak disuruh jalan
di atas tali. Jadi anak harus menginjak tali.
-
Jika anak telah
mampu melakukan itu maka tali dapat dibengkokkan letaknya.
c.
Mendorong bola
Bahan: bola karet atau plastik, tongkat dari kayu atau
rotan yang panjangnya kira-kira 1 meter.
Penyajiannya:
-
Anak diberi bola
dan disimpan di depannya.
-
Anak memegang
tongkat dan mendorong bola itu.
-
Anak mendorong bola
ke semua arah jagalah jangan sampai ada bentrokan (dibuat jalur-jalur)
-
Bila ia sudah dapat
mendorongnya maka diberi jarak 1 meter, 2 meter, dan seterusnya.
-
Jika anak dapat
melakukannya hal itu maka diberi tanda misalnya dipasang bendera.
d.
Melempar bola
Bahan: tiap anak mendapat satu bola, balok
Penyajiannya:
-
Anak disuruh
memegang bola dan memperhatikan balok yang ada didepannya.
-
Anak disuruh
melempar saja.
-
Bila ia telah dapat
melempar maka bola dilempar ke arah balok yang telah disediakan.
-
Bila anak belum
dapat melakukannya maka anak dapat dilatih membawa bola ke arah balok itu.
e.
Memasukkan
balok-balok ke kotak
Bahan: balok-balok dengan bermacam bentuk atau warna,
kotak
Penyajiannya:
-
Anak memegang
balok-balok itu dan memasukkannya ke dalam kotak.
-
Balok-balok yang
ada di depannya dimasukkannya ke dalam kotak sampai habis.
-
Bila anak telah
dapat melakukannya maka balok-balok itu harus disusun secara teratur dalam
kotak.
f.
Membuat menara dari
balok-balok
Bahan: papan bundar dilubangi, dan bentuk bundar yang
dipasang tiang.
Penyajiannya:
-
Anak memegang balok
bentuk bulat yang telah dilubangi.
-
Anak memasukkan
bentuk itu pada tiang yang telah disediakan.
-
Bila anak telah
dapat melakukan itu maka latihan ditingkatkan dengan memberi warna-warni pada
balok itu sehingga saat memasukkannya dapat kita minta ia memasukkan warna
tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar