PROGRAM LATIHAN SENSOMOTORIK
LATIHAN KOORDINASI
Anggota Kelompok:
1.
Noor Addina 08103244011
2.
Kurniati sejati 08103244026
3.
Dwi Alfiani 081032440
4.
Eric Suwardani 08103244029
CONTOH PROGRAM LATIHAN
KOORDINASI ANAK:
1.
LATIHAN MELEMPAR
(Usia 24-36 bulan)
Kegiatan melempar pada dasarnya mengandalkan gerak otot
kecil. Melempar merupakan kegiatan
memindahkan benda dalam jarak yang jauh. Kegiatan melempar melibatkan visual
localization atau arah penglihatan, cara berdiri, pemindahan massa tubuh,
pencapaian, gerakan pengendoran dan pemulihan.
Keterampilan melempar bola juga membutuhkan keseimbangan
saat tubuh dalam posisi tetap dan bergerak, ketepatan waktu saat melempar,
koordinasi tangan-mata yang baik, kemampuan fungsi-fungsi jari yang baik juga
lengan batang tubuh kaki serta kepala.
Untuk menunjang keterampilan melempar ini, Anda dapat
memilih bola dari bahan yang empuk dan tidak berat, agar anak mudah
mengangkatnya. Bola sebaiknya berdiameter 15 cm agar anak mudah melempar dan
menangkapnya kembali. Latihan yang sering dan menyenangkan akan memperkuat
koordinasi yang dibutuhkan si kecil untuk melakukan kegiatan yang lebih rumit.
2.
MEMANDU BENDA
DENGAN GAMBAR
Koordinasi tangan-mata sangat diperlukan oleh anak dalam
melakukan berbagai kegiatan bermainnya. Salah satu permainan yang dapat
meningkatkan koordinasi tangan-mata adalah memadukan gambar dan benda. Latihan
ini cocok untuk anak usia 2 tahun. Anda dapat membuat beberapa buah gambar
bayangan benda, misalnya sendok, lingkaran dan kotak sabun. Mintalah pada anak
untuk meletakkan benda-benda itu di atas gambar bayangan yang anda buat. Selain
meningkatkan koordinasi tangan-mata, kegiatan ini juga dapat melatih daya
konsentrasi anak.
3.
MENGGUNTING
4.
MEWARNAI
5.
MERONCE
6.
MENGIKAT
7.
MELAKUKAN ESTAFET
8.
MEMAKAI ATAU
MENANGGALKAN SEPATU
9.
MENYIKAT GIGI
10. MENYISIR RAMBUT
Kegiatan pelatih:
Pelatih mengajak anak untuk memegang sisir dan bagaimana
menggunakannya. Anak meniru tiap langkah kegiatan itu.
Kegiatan anak:
Anak melihat contoh cara menyisir rambut, yaitu dengan
menirukan cara memegang sisir, menyisir ke rambut. Kemudian ia juga melihat
bagaimana penampilannya.
Alat yang disiapkan: Sisir, cermin
11. MENUANG AIR
12. MINUM AIR DENGAN 2 TANGAN
13. MELEPAS SEPATU TANPA BERTALI
14. MELEPAS KAOS KAKI
15. MELOMPAT MENGIKUTI POLA LANTAI
16. MEMAKAI BAJU
17. MENYAPU
18. MEMOTONG BUAH-BUAHAN
19. MENULIS NAMA SENDIRI
20. MENCUCI TANGAN
Kegiatan pelatih:
Pelatih memberi contoh cara mencuci tangan. Anak
menirukan hal itu setahap demi setahap. Mula-mula anak disuruh untuk membasahi
tangannya kemudian mengambil sabun dan tangan mulai digosokkannya. Setelah
sabun itu merata pada semua tanggan maka ia menyepul tangan itu kemudian
dikeringkan dengan lap.
Kegiatan anak:
Anak memperhatikan contoh mencuci tangan. Kemudian ia
menirukan cara mencuci tangan. Ia diminta untuk menunjukkan.
Alat yang dipersiapkan: air, sabun, dan lap tangan.
21. MENANGKAP BOLA
Kegiatan pelatih:
Memberi contoh bagaimana cara menangkap bola. Kedua
tangan anak disuruh disiapkan ke depan dan segera memperhatikan bola. Anak
menangkap bola tanpa harus jatuh, ini dapat dilakukan dengan jarak yang dekat
sekali dan bila bola dapat lancar ditangkap, jarak diperbesar.
Kegiatan anak:
Anak memperhatikan contoh cara menangkap bola. Kedua
tangannya
CISSS ^_^V
BalasHapus