4.30.2012

PROGRAM LATIHAN SENSOMOTORIK LATIHAN KOORDINASI


PROGRAM LATIHAN SENSOMOTORIK
LATIHAN KOORDINASI

Anggota Kelompok:
1.      Noor Addina               08103244011
2.      Kurniati sejati              08103244026
3.      Dwi Alfiani                 081032440
4.      Eric Suwardani           08103244029

CONTOH PROGRAM LATIHAN KOORDINASI ANAK:
1.      LATIHAN MELEMPAR (Usia 24-36 bulan)
Kegiatan melempar pada dasarnya mengandalkan gerak otot kecil. Melempar merupakan  kegiatan memindahkan benda dalam jarak yang jauh. Kegiatan melempar melibatkan visual localization atau arah penglihatan, cara berdiri, pemindahan massa tubuh, pencapaian, gerakan pengendoran dan pemulihan.
Keterampilan melempar bola juga membutuhkan keseimbangan saat tubuh dalam posisi tetap dan bergerak, ketepatan waktu saat melempar, koordinasi tangan-mata yang baik, kemampuan fungsi-fungsi jari yang baik juga lengan batang tubuh kaki serta kepala.
Untuk menunjang keterampilan melempar ini, Anda dapat memilih bola dari bahan yang empuk dan tidak berat, agar anak mudah mengangkatnya. Bola sebaiknya berdiameter 15 cm agar anak mudah melempar dan menangkapnya kembali. Latihan yang sering dan menyenangkan akan memperkuat koordinasi yang dibutuhkan si kecil untuk melakukan kegiatan yang lebih rumit.

2.      MEMANDU BENDA DENGAN GAMBAR
Koordinasi tangan-mata sangat diperlukan oleh anak dalam melakukan berbagai kegiatan bermainnya. Salah satu permainan yang dapat meningkatkan koordinasi tangan-mata adalah memadukan gambar dan benda. Latihan ini cocok untuk anak usia 2 tahun. Anda dapat membuat beberapa buah gambar bayangan benda, misalnya sendok, lingkaran dan kotak sabun. Mintalah pada anak untuk meletakkan benda-benda itu di atas gambar bayangan yang anda buat. Selain meningkatkan koordinasi tangan-mata, kegiatan ini juga dapat melatih daya konsentrasi anak.

3.      MENGGUNTING
4.      MEWARNAI
5.      MERONCE
6.      MENGIKAT
7.      MELAKUKAN ESTAFET
8.      MEMAKAI ATAU MENANGGALKAN SEPATU
9.      MENYIKAT GIGI

10.  MENYISIR RAMBUT
Kegiatan pelatih:
Pelatih mengajak anak untuk memegang sisir dan bagaimana menggunakannya. Anak meniru tiap langkah kegiatan itu.
Kegiatan anak:
Anak melihat contoh cara menyisir rambut, yaitu dengan menirukan cara memegang sisir, menyisir ke rambut. Kemudian ia juga melihat bagaimana penampilannya.
Alat yang disiapkan: Sisir, cermin

11.  MENUANG AIR
12.  MINUM AIR DENGAN 2 TANGAN
13.  MELEPAS SEPATU TANPA BERTALI
14.  MELEPAS KAOS KAKI
15.  MELOMPAT MENGIKUTI POLA LANTAI
16.  MEMAKAI BAJU
17.  MENYAPU
18.  MEMOTONG BUAH-BUAHAN
19.  MENULIS NAMA SENDIRI
20.  MENCUCI TANGAN
Kegiatan pelatih:
Pelatih memberi contoh cara mencuci tangan. Anak menirukan hal itu setahap demi setahap. Mula-mula anak disuruh untuk membasahi tangannya kemudian mengambil sabun dan tangan mulai digosokkannya. Setelah sabun itu merata pada semua tanggan maka ia menyepul tangan itu kemudian dikeringkan dengan lap.
Kegiatan anak:
Anak memperhatikan contoh mencuci tangan. Kemudian ia menirukan cara mencuci tangan. Ia diminta untuk menunjukkan.
Alat yang dipersiapkan: air, sabun, dan lap tangan.
21.  MENANGKAP BOLA
Kegiatan pelatih:
Memberi contoh bagaimana cara menangkap bola. Kedua tangan anak disuruh disiapkan ke depan dan segera memperhatikan bola. Anak menangkap bola tanpa harus jatuh, ini dapat dilakukan dengan jarak yang dekat sekali dan bila bola dapat lancar ditangkap, jarak diperbesar.
Kegiatan anak:
Anak memperhatikan contoh cara menangkap bola. Kedua tangannya

1 komentar: