5.02.2012

PELAKSANAAN PROGRAM PENGAJARAN REMIDIAL DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

PELAKSANAAN PROGRAM PENGAJARAN REMIDIAL
DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA


Dosen Pengampu: Endang Supartini, M.Pd
Disusun oleh:

NAMA            : ERIC SUWARDANI
           NIM               : 08103244029

PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2010

1.      Penelaahan kembali kasus dengan permasalahanya
Kesulitan yang dialami oleh Ilma yaitu membaca dan menulis permulaan dengan huruf Braille. Kesulitan membaca permulaannya yaitu kesulitan dalam mengenal kata yang terdapat dalam bacaan braille. Sedangkan kesulitan menulis permulaannya yaitu kesulitan dalam menulis dan mengenal huruf-huruf Braille. Kemampuan membaca dan menulis Braille Ilma belum begitu matang. Itu dikarenakan konsep dasar huruf Braille yang belum dikuasai dengan baik. Hal ini berimplikasi pada kemampuan membaca dan menulisnya. Ilma sudah mampu menulis kata-kata sederhana seperti ayah, ibu, adik dan guru. Untuk kata yang terdapat ‘ng’ masih kesulitan membacanya baik “ng” ditengah maupun “ng” di belakang.

2.      Menentukan alternatif tindakan
a.       Deskripsi kondisi dan potensi kasus
Dari penelaahan kasus yang dialami Ilma, Ilma mengalami kesulitan belajar karena keterbatasan kemampuan. Kemampuan motorik Ilma yang membuat Ilma terlihat lemah saat menulis Braille. Selain itu karena kurangnya berlatih membaca dan menulis di rumah yang karena memang orangtua Ilma tidak menguasai Braille.

b.      Alternatif perlakuan/tindakan
Perlakuan yang tepat untuk Ilma yaitu pembelajaran tentang baca tulis permulaan huruf Braille. Alternatif ini bertujuan untuk mematangkan kemampuan Braille Ilma dan menguatkan motorik dan keterampilan membaca dan menulisnya.
Bentuk perlakuan alternatif ini yaitu diberikan pengajaran dengan konsep pengajaran pertama yaitu konsep alfabet Braille dari A - M, pengajaran kedua yaitu masih konsep alfabet Braille yaitu N – Z dan pengajaran ketiga yaitu penggunaan “ng” baik yang terdapat ditengah maupun dibelakang kata. Media yang digunakan yaitu kartu-kartu huruf Braille, alat menulis Braille (reglet, stylus). Media yang lebih sering digunakan yaitu kartu hurufnya untuk mematangkan konsep Braille dasar.
c.       Melaksanakan pengajaran remidial
Pengajaran remidial dilaksanakan tiga kali yaitu:
1.      Materi pertama fokus ke pematangan konsep dasar Braille.
2.      Materi kedua masih ke pematangan konsep dasar Braille.
3.      Materi ketiga yaitu penggunaan “ng” yang terdapat ditengah maupun dibelakang kata.


Model Membaca Menulis Permulaan

1.      Identitas siswa
Nama   : Ilma Pasha Nuraini
Kelas   : III A

Jenis kesulitan:
a.       Konsep Braille yang belum matang.
b.      Kesulitan membaca dan menulis kata yang terdapat huruf “ng”.

2.      Analisis Kesulitan
Ilma mengalami kesulitan membaca dan menulis Braille. Hal yang masih sulit yaitu apabila membaca dan menulis kata yang terdapat huruf “ng”. Selain itu, kemampuan Ilma menulis Braille dengan reglet masih belum baik. Sehingga perlu dimatangkan kembali.

3.      Tujuan
Sesuai dengan jenis kesulitan yang dihadapi Ilma, maka setelah menyelesaikan pembelajaran, Ilma diharapkan dapat:
a.       Menulis huruf braille dari A-Z dengan tepat.
b.      Dapat menulis kata yang terdapat “ng” baik ditengah maupun dibelakang kata.

4.      Materi Pokok
Materi pokok dalam pembelajaran ini terdiri dari:
a.       Huruf Braille A – Z dan kata yang terdapat “ng”.

5.      Kegiatan Belajar Mengajar
a.       Ilma dikenalkan huruf Braille dengan menggunakan kartu huruf Braille dan menuliskannya.
b.      Jika huruf Braille sudah lancar, dilanjutkan dengan mengenalkan kartu huruf yang terdapat “ng”.
6.      Penilaian
a.       Prosedur
Penilaian dilakukan selama proses latihan berlangsung dan pada akhir pembelajaran.
b.      Jenis Penilaian
Kemajuan Ilma dinilai melalui penampilan yang ditunjukkan ketika menulis Braille. (tes perbuatan).
c.       Alat penilaian yang utama adalah lembar observasi yang digunakan guru untuk merekam penampilan Ilma ketika menunjukkan kemampuannya dalam menulis alfabet Braille.


 
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          :  Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan    :  SLB A Yaketunis
Kelas/Semester          :  III/1
Alokasi waktu            :  2 x 30 menit (pertemuan ke-1)
Kompetensi Dasar                                                            
A.    Standar Kompetensi
Menulis alfabet Braille.

B.     Kompetensi dasar
1.      Memiliki kemampuan menulis Braille dengan baik dan benar.
2.      Menulis dan menyebutkan alfabet braille dengan tepat sehingga ketika membaca bacaan Braille lancar dan benar.

C.    Indikator
Menulis dan menyebutkan alfabet Braille dengan benar.

D.    Materi
·         Materi
Huruf Braille A – M

E.  Materi, Metode, Media dan Sumber
·         Metode: pengajaran individual.
·         Media
Kartu huruf Braille.
·         Sumber
Buku panduan menulis Braille.
F.     Kemampuan awal Anak Berkebutuhan Khusus
Kemampuan mengenal huruf Braille masih belum matang. Dalam menulis dengan media Braille, siswa masih sering menghilangkan satu atau dua hurufnya. Masih kesulitan untuk menulis kata yang terdapat “ng”.

G.    Kegiatan Pembelajaran
·         Pra KBM/ Persiapan
1.      Menyiapkan alat peraga (kartu huruf).

·         Kegiatan Awal
Apersepsi: siswa menulis nama sendiri dengan huruf Braille.

·         Kegiatan Inti
1.      Meraba huruf Braille secara urut dari A – M pada kartu huruf dan menyebutkan dengan benar.
2.      Menuliskan huruf Braille yang diraba satu persatu.
3.      Menuliskan kata sederhana dengan menggunakan huruf Braille.
4.      Guru memberi bimbingan secara individual kepada siswa.

·         Kegiatan  Akhir
1.      Pemantapan Materi
2.      Evaluasi

H.    Evaluasi
Prosedur
   Tes proses
Jenis:  Tes lisan
           Tes perbuatan
   Alat tes
            Huruf Braille A - M
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          :  Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan    :  SLB A Yaketunis
Kelas/Semester          :  III/1
Alokasi waktu            :  2 x 30 menit (pertemuan ke-2)
Kompetensi Dasar                                                            
A.    Standar Kompetensi
Menulis alfabet Braille.

B.     Kompetensi dasar
-            Memiliki kemampuan menulis Braille dengan baik dan benar.
-            Menulis dan menyebutkan alfabet braille dengan tepat sehingga ketika membaca bacaan Braille lancar dan benar.

E.     Indikator
Menulis dan menyebutkan alfabet Braille dengan benar.

F.     Materi
·         Materi
·         Huruf Braille N – Z

E.  Materi, Metode, Media dan Sumber
·         Metode: pengajaran individual.
·         Media
Kartu huruf Braille.
·         Sumber
Buku panduan menulis Braille.

H.    Kemampuan awal Anak Berkebutuhan Khusus
Kemampuan mengenal huruf Braille masih belum matang. Dalam menulis dengan media Braille, siswa masih sering menghilangkan satu atau dua hurufnya.

I.       Kegiatan Pembelajaran
·         Pra KBM/ Persiapan
2.      Menyiapkan alat peraga (kartu huruf).

·         Kegiatan Awal
Apersepsi: melisankan huruf yang sudah dikuasai dengan Braille.

·         Kegiatan Inti
1.      Siswa meraba huruf Braille urut dari N – Z menggunakan kartu huruf Braille.
2.      Menuliskan huruf Braille yang diraba satu persatu.
3.      Menuliskan kata sederhana dengan menggunakan huruf Braille.
Contohnya: nasi, nama, mama, papa,
4.      Guru memberi bimbingan secara individual kepada siswa.

·         Kegiatan  Akhir
1.      Pemantapan Materi
3.      Evaluasi

I.       Evaluasi
Prosedur
   Tes proses
Jenis:  Tes lisan
           Tes perbuatan
   Alat tes
            Huruf Braille N - Z

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          :  Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan    :  SLB A Yaketunis
Kelas/Semester          :  III/1
Alokasi waktu            :  2 x 30 menit (pertemuan ke-3)
Kompetensi Dasar                                                            
A.    Standar Kompetensi
Menulis alfabet Braille.

B.     Kompetensi dasar
1.      Memiliki kemampuan membaca Braille dengan baik dan benar.

G.    Indikator
Menulis kata yang terdapat “ng”.

H.    Materi
·         Materi
Kata yang terdapat “ng” ditengah maupun dibelakang kata.
Contoh kata:
“tengah”, “belakang”, “menganggu”, “menggambar”.

E.  Materi, Metode, Media dan Sumber
·         Metode: pengajaran individual dan pemberian tugas.
·         Media
Kartu huruf Braille.
·         Sumber
Buku panduan menulis Braille.

J.      Kemampuan awal Anak Berkebutuhan Khusus
Mampu menulis huruf Braille dari A - Z

K.    Kegiatan Pembelajaran
·         Pra KBM/ Persiapan
3.      Menyiapkan alat peraga (bacaan Braille).

·         Kegiatan Awal
Apersepsi: menyebutkan kata yang terdapat “ng”.

·         Kegiatan Inti
1.      Meraba kartu huruf yang terdapat “ng”
2.      Menuliskannya ke dalam Braille kata yang terdapat “ng”.
3.      Guru memberi bimbingan secara individual kepada siswa.

·         Kegiatan  Akhir
1.      Pemantapan Materi
2.      Evaluasi

J.      Evaluasi
Prosedur
   Tes proses
Jenis:  Tes lisan
           Tes perbuatan
   Alat tes
      Kata yang terdapat “ng”.




Lampiran

Penilaian
1.      Pertemuan ke-1
-          Tes Perbuatan (tertulis)
a.       Tulislah huruf Braille dari A – E secara urut dan benar.
b.      Tulislah huruf Braille dari F – J secara urut dan benar.
c.       Tulislah huruf braille dari K – M secara urut dan benar.
d.      Tulislah dengan huruf Braille kata-kata berikut:
·         Aku
·         Bebek
·         Cicak
·         Demi
·         Maka
·         Gajah
·         Jalak
-          Tes Lisan
Sebutkan titik penulisan huruf berikut (instruksi guru)
a.       Cara menulis huruf “C”
b.      Cara menulis huruf “D”
c.       Cara menulis huruf “E”
d.      Cara menulis huruf “F”
e.       Cara menulis huruf “G”
f.       Cara menulis huruf “H”
g.      Cara menulis huruf “I”
h.      Cara menulis huruf “J”
i.        Cara menulis huruf “K”
j.        Cara menulis huruf “L”
k.      Cara menulis huruf “M”
Petunjuk pemberian SKOR
Tes Perbuatan masing-masing item:
Jawaban benar skor 1
Jawaban salah skor 0
Total skor 20 : 2 = 10

Tes lisan masing-masing item:
Jawaban benar skor 1
Jawaban salah skor 0
Total skor = 10
Untuk menilai secara keseluruhan (tes perbuatan + tes lisan)
Nilai akhir TP + nilai akhir TL : 2 = nilai keseluruhan.

2.      Pertemuan ke-2
-          Tes Perbuatan
a.       Tulislah huruf Braille dari N – R secara urut dan benar.
b.      Tulislah huruf Braille dari S – W secara urut dan benar.
c.       Tulislah huruf braille dari X – Z secara urut dan benar.
d.      Tulislah dengan huruf Braille kata-kata berikut:
·         Nenek
·         Makan
·         Zebra
·         Emas
·         Warna
·         Sutera
·         Roti
-          Tes Lisan
Sebutkan titik penulisan huruf berikut (instruksi guru)
a.       Cara menulis huruf “N”
b.      Cara menulis huruf “O”
c.       Cara menulis huruf “P”
d.      Cara menulis huruf “Q”
e.       Cara menulis huruf “R”
f.       Cara menulis huruf “S”
g.      Cara menulis huruf “T”
h.      Cara menulis huruf “U”
i.        Cara menulis huruf “V”
j.        Cara menulis huruf “W”
Petunjuk pemberian SKOR: sama seperti pada pertemuan ke-1
3.      Pertemuan ke-3
-          Tes perbuatan (tertulis)
a.       Tulislah dengan huruf Braille kata berikut:
·         Tengah
·         Belakang
·         Samping
·         Ganggang
b.      Tulislah dengan huruf Braille kata berikut:
·         Mengganggu
·         Menggarami
·         Menggambar
·         Menghambat
-          Tes Lisan
Jawablah dengan singkat. (instruksi guru)
a.       Cara menulis “ng” Braille dengan benar.
b.      Ada di titik berapa saja “ng” tersebut!
Petunjuk pemberian SKOR: baik tes perbuatan dan tes lisan masing-masing item jawaban benar skor 1, sedang jawaban salah skor 0. Total skor = 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar