PELAKSANAAN PROGRAM PENGAJARAN
REMIDIAL
DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA
Dosen Pengampu: Endang
Supartini, M.Pd
Disusun oleh:
NAMA : ERIC SUWARDANI
NIM
: 08103244029
PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2010
1. Penelaahan kembali kasus dengan permasalahanya
Kesulitan yang dialami oleh Ilma yaitu membaca dan
menulis permulaan dengan huruf Braille. Kesulitan membaca permulaannya yaitu kesulitan dalam
mengenal kata yang terdapat dalam bacaan braille. Sedangkan kesulitan menulis
permulaannya yaitu kesulitan dalam menulis dan mengenal huruf-huruf Braille.
Kemampuan membaca dan menulis Braille Ilma belum begitu
matang. Itu dikarenakan konsep dasar huruf Braille yang belum dikuasai dengan
baik. Hal ini berimplikasi pada kemampuan membaca dan menulisnya. Ilma sudah
mampu menulis kata-kata sederhana seperti ayah, ibu, adik dan guru. Untuk kata
yang terdapat ‘ng’ masih kesulitan membacanya baik “ng” ditengah maupun “ng” di
belakang.
2. Menentukan alternatif tindakan
a.
Deskripsi kondisi
dan potensi kasus
Dari
penelaahan kasus yang dialami Ilma, Ilma mengalami kesulitan belajar karena
keterbatasan kemampuan. Kemampuan motorik Ilma yang membuat Ilma terlihat lemah
saat menulis Braille. Selain itu karena kurangnya berlatih membaca dan menulis
di rumah yang karena memang orangtua Ilma tidak menguasai Braille.
b.
Alternatif
perlakuan/tindakan
Perlakuan
yang tepat untuk Ilma yaitu pembelajaran tentang baca tulis permulaan huruf
Braille. Alternatif ini bertujuan untuk mematangkan kemampuan Braille Ilma dan
menguatkan motorik dan keterampilan membaca dan menulisnya.
Bentuk
perlakuan alternatif ini yaitu diberikan pengajaran dengan konsep pengajaran
pertama yaitu konsep alfabet Braille dari A - M, pengajaran kedua yaitu
masih konsep alfabet
Braille yaitu N – Z dan pengajaran
ketiga yaitu penggunaan “ng” baik yang terdapat
ditengah maupun dibelakang kata. Media yang
digunakan yaitu kartu-kartu huruf Braille, alat menulis Braille (reglet,
stylus). Media yang lebih sering digunakan yaitu kartu hurufnya untuk
mematangkan konsep Braille dasar.
c.
Melaksanakan pengajaran remidial
Pengajaran
remidial dilaksanakan tiga kali yaitu:
1.
Materi pertama
fokus ke pematangan konsep dasar Braille.
2.
Materi kedua masih ke
pematangan konsep dasar Braille.
3.
Materi
ketiga yaitu penggunaan “ng” yang terdapat ditengah maupun dibelakang kata.
Model Membaca
Menulis Permulaan
1.
Identitas siswa
Nama : Ilma Pasha
Nuraini
Kelas : III A
Jenis kesulitan:
a.
Konsep Braille yang
belum matang.
b.
Kesulitan membaca
dan menulis kata yang terdapat huruf “ng”.
2.
Analisis Kesulitan
Ilma mengalami kesulitan membaca dan menulis Braille. Hal
yang masih sulit yaitu apabila membaca dan menulis kata yang terdapat huruf
“ng”.
Selain itu, kemampuan Ilma menulis Braille dengan reglet
masih belum baik. Sehingga perlu dimatangkan kembali.
3.
Tujuan
Sesuai dengan jenis kesulitan yang dihadapi Ilma, maka
setelah menyelesaikan pembelajaran, Ilma diharapkan dapat:
a.
Menulis huruf
braille dari A-Z dengan tepat.
b.
Dapat menulis kata
yang terdapat “ng” baik ditengah maupun dibelakang kata.
4.
Materi Pokok
Materi pokok dalam pembelajaran ini terdiri dari:
a.
Huruf Braille A – Z dan kata yang
terdapat “ng”.
5.
Kegiatan Belajar
Mengajar
a.
Ilma dikenalkan
huruf Braille dengan menggunakan kartu huruf Braille dan menuliskannya.
b.
Jika huruf Braille
sudah lancar, dilanjutkan dengan mengenalkan kartu huruf yang terdapat “ng”.
6.
Penilaian
a.
Prosedur
Penilaian
dilakukan selama proses latihan berlangsung dan pada akhir pembelajaran.
b.
Jenis Penilaian
Kemajuan
Ilma dinilai melalui penampilan yang ditunjukkan ketika menulis
Braille. (tes perbuatan).
c.
Alat penilaian yang
utama adalah lembar observasi yang digunakan guru untuk merekam penampilan Ilma
ketika menunjukkan kemampuannya dalam menulis
alfabet Braille.
|
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan
Pendidikan : SLB A Yaketunis
Kelas/Semester : III/1
Alokasi waktu : 2 x 30 menit (pertemuan ke-1)
Kompetensi Dasar
A.
Standar Kompetensi
Menulis
alfabet Braille.
B.
Kompetensi dasar
1. Memiliki kemampuan menulis Braille
dengan baik dan benar.
2. Menulis dan menyebutkan alfabet
braille dengan tepat sehingga ketika membaca bacaan Braille lancar dan benar.
C. Indikator
Menulis dan
menyebutkan alfabet Braille dengan benar.
D. Materi
·
Materi
Huruf Braille
A – M
E.
Materi, Metode, Media dan Sumber
·
Metode:
pengajaran individual.
·
Media
Kartu huruf Braille.
·
Sumber
Buku panduan
menulis Braille.
F.
Kemampuan awal Anak Berkebutuhan
Khusus
Kemampuan
mengenal huruf Braille masih belum matang. Dalam menulis dengan media Braille,
siswa masih sering menghilangkan satu atau dua hurufnya. Masih kesulitan untuk
menulis kata yang terdapat “ng”.
G.
Kegiatan Pembelajaran
·
Pra KBM/ Persiapan
1. Menyiapkan alat peraga (kartu huruf).
·
Kegiatan Awal
Apersepsi: siswa
menulis nama sendiri dengan huruf Braille.
·
Kegiatan Inti
1. Meraba huruf Braille secara urut dari
A – M pada kartu huruf dan menyebutkan dengan benar.
2. Menuliskan huruf Braille yang diraba satu persatu.
3. Menuliskan kata sederhana
dengan menggunakan huruf Braille.
4. Guru memberi bimbingan secara
individual kepada siswa.
·
Kegiatan Akhir
1. Pemantapan Materi
2. Evaluasi
H. Evaluasi
Prosedur
●
Tes proses
Jenis: Tes lisan
Tes perbuatan
● Alat tes
Huruf Braille A - M
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SLB A Yaketunis
Kelas/Semester : III/1
Alokasi waktu : 2 x 30 menit
(pertemuan ke-2)
Kompetensi Dasar
A.
Standar Kompetensi
Menulis alfabet Braille.
B.
Kompetensi dasar
-
Memiliki
kemampuan menulis Braille dengan baik dan benar.
-
Menulis
dan menyebutkan alfabet braille dengan tepat sehingga ketika membaca bacaan
Braille lancar dan benar.
E. Indikator
Menulis dan
menyebutkan alfabet Braille dengan benar.
F. Materi
·
Materi
·
Huruf
Braille N – Z
E.
Materi, Metode, Media dan Sumber
·
Metode:
pengajaran individual.
·
Media
Kartu huruf
Braille.
·
Sumber
Buku panduan
menulis Braille.
H.
Kemampuan awal Anak Berkebutuhan
Khusus
Kemampuan
mengenal huruf Braille masih belum matang. Dalam menulis dengan media Braille,
siswa masih sering menghilangkan satu atau dua hurufnya.
I.
Kegiatan Pembelajaran
·
Pra KBM/ Persiapan
2. Menyiapkan alat peraga (kartu huruf).
·
Kegiatan Awal
Apersepsi: melisankan
huruf yang sudah dikuasai dengan Braille.
·
Kegiatan Inti
1. Siswa meraba huruf Braille urut dari N – Z
menggunakan kartu huruf Braille.
2. Menuliskan huruf Braille yang diraba satu persatu.
3. Menuliskan kata sederhana
dengan menggunakan huruf Braille.
Contohnya: nasi, nama,
mama, papa,
4. Guru memberi bimbingan secara
individual kepada siswa.
·
Kegiatan Akhir
1. Pemantapan Materi
3. Evaluasi
I. Evaluasi
Prosedur
●
Tes proses
Jenis: Tes lisan
Tes perbuatan
● Alat tes
Huruf
Braille N - Z
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SLB A Yaketunis
Kelas/Semester : III/1
Alokasi waktu : 2 x 30 menit
(pertemuan ke-3)
Kompetensi Dasar
A.
Standar Kompetensi
Menulis alfabet Braille.
B.
Kompetensi dasar
1. Memiliki kemampuan membaca Braille
dengan baik dan benar.
G. Indikator
Menulis kata yang terdapat “ng”.
H. Materi
·
Materi
Kata yang terdapat “ng”
ditengah maupun dibelakang kata.
Contoh kata:
“tengah”, “belakang”,
“menganggu”, “menggambar”.
E.
Materi, Metode, Media dan Sumber
·
Metode:
pengajaran individual dan pemberian tugas.
·
Media
Kartu huruf Braille.
·
Sumber
Buku panduan menulis Braille.
J.
Kemampuan awal Anak Berkebutuhan
Khusus
Mampu menulis huruf Braille dari A - Z
K.
Kegiatan Pembelajaran
·
Pra KBM/ Persiapan
3. Menyiapkan alat peraga (bacaan Braille).
·
Kegiatan Awal
Apersepsi: menyebutkan kata yang terdapat “ng”.
·
Kegiatan Inti
1. Meraba kartu huruf yang terdapat “ng”
2. Menuliskannya ke dalam Braille kata yang
terdapat “ng”.
3. Guru memberi bimbingan secara
individual kepada siswa.
·
Kegiatan Akhir
1. Pemantapan Materi
2. Evaluasi
J. Evaluasi
Prosedur
●
Tes proses
Jenis: Tes lisan
Tes perbuatan
● Alat tes
Kata yang terdapat “ng”.
Lampiran
Penilaian
1.
Pertemuan ke-1
-
Tes Perbuatan
(tertulis)
a.
Tulislah huruf
Braille dari A – E secara urut dan benar.
b.
Tulislah huruf
Braille dari F – J secara urut dan benar.
c.
Tulislah huruf
braille dari K – M secara urut dan benar.
d.
Tulislah dengan
huruf Braille kata-kata berikut:
·
Aku
·
Bebek
·
Cicak
·
Demi
·
Maka
·
Gajah
·
Jalak
-
Tes Lisan
Sebutkan titik
penulisan huruf berikut (instruksi guru)
a.
Cara menulis huruf
“C”
b.
Cara menulis huruf
“D”
c.
Cara menulis huruf
“E”
d.
Cara menulis huruf
“F”
e.
Cara menulis huruf
“G”
f.
Cara menulis huruf
“H”
g.
Cara menulis huruf
“I”
h.
Cara menulis huruf
“J”
i.
Cara menulis huruf
“K”
j.
Cara menulis huruf
“L”
k.
Cara menulis huruf
“M”
Petunjuk pemberian SKOR
Tes Perbuatan
masing-masing item:
Jawaban benar skor
1
Jawaban salah skor
0
Total skor 20 : 2 =
10
Tes lisan masing-masing item:
Jawaban benar skor 1
Jawaban salah skor 0
Total skor = 10
Untuk menilai secara keseluruhan (tes perbuatan + tes
lisan)
Nilai akhir TP + nilai akhir TL : 2 = nilai keseluruhan.
2.
Pertemuan ke-2
-
Tes Perbuatan
a.
Tulislah huruf
Braille dari N – R secara urut dan benar.
b.
Tulislah huruf
Braille dari S – W secara urut dan benar.
c.
Tulislah huruf
braille dari X – Z secara urut dan benar.
d.
Tulislah dengan
huruf Braille kata-kata berikut:
·
Nenek
·
Makan
·
Zebra
·
Emas
·
Warna
·
Sutera
·
Roti
-
Tes Lisan
Sebutkan titik penulisan
huruf berikut (instruksi guru)
a.
Cara menulis huruf
“N”
b.
Cara menulis huruf
“O”
c.
Cara menulis huruf
“P”
d.
Cara menulis huruf
“Q”
e.
Cara menulis huruf
“R”
f.
Cara menulis huruf
“S”
g.
Cara menulis huruf
“T”
h.
Cara menulis huruf
“U”
i.
Cara menulis huruf
“V”
j.
Cara menulis huruf
“W”
Petunjuk pemberian SKOR: sama seperti pada pertemuan ke-1
3.
Pertemuan ke-3
-
Tes perbuatan
(tertulis)
a.
Tulislah dengan
huruf Braille kata berikut:
·
Tengah
·
Belakang
·
Samping
·
Ganggang
b.
Tulislah dengan
huruf Braille kata berikut:
·
Mengganggu
·
Menggarami
·
Menggambar
·
Menghambat
-
Tes Lisan
Jawablah dengan singkat. (instruksi guru)
a.
Cara menulis “ng”
Braille dengan benar.
b.
Ada di titik berapa
saja “ng” tersebut!
Petunjuk pemberian SKOR: baik tes perbuatan dan tes lisan
masing-masing item jawaban benar skor 1, sedang jawaban salah skor 0. Total
skor = 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar